Ingat Deklarasikan 18 Ayat Alkitab ini ketika Galau Melanda

Ayat-ayat Alkitab/Firman Tuhan ini akan membantu kita mengusir galau yang melanda. Persoalan atau tantangan hidup bisa saja membuat hati dan pikiran kita tertekan, namun Dia adalah Allah yang setia yang tidak sekalipun meninggalkan kita – anak-anaknya.

Sobat tuaian. Terkadang, karena satu dan lain hal, tiba-tiba hati kita menjadi galau, resah tidak menentu, kekuatiran menguasai pikiran, bahkan mungkin mulai muncul rasa putus asa ketika banyak permasalahan silih berganti menghampiri hidup kita.

Ungkapan-ungkapan seperti “ih bete banget ni” atau “kenapa gw jadi resah gini ya?” atau “ah sudahlah mereka sudah tidak peduli” seringkali membuat hari kita terasa membosankan dan menakutkan. Padahal, jika kita tenang, masalah-masalah itu sebenarnya banyak hanya bermain atau mempermainkan pikiran kita. Itu mengapa, ayat alkitab pada Mazmur 1:1-3 memerintahkan kita untuk merenungkan firman Tuhan siang dan malam dengan maksud agar pikiran kita selalu diisi oleh firman-firman Allah yang hidup.

Yuk, sobat. Ketika galau melanda, mari kita ingat-ingat dan perkatakan Firman Tuhan berikut ini:

“Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.” (Ulangan 31:6)

“Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi.” (Yosua 1:9b)

“Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi.” (Yesaya 26:3″

“Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya. Orang-orang muda menjadi lelah dan lesu dan teruna-teruna jatuh tersandung, tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.” (Yesaya 40:29-31)

“Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.” (Yesaya 41:10)

“Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.” (Yeremia 29:11)




“Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya?” (Matius 16:26)

“Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.” (Yohanes 3:16)

“Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.” (1 Korintus 10:13)

“Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.” (Filipi 4:13)

“Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: “Pencobaan ini datang dari Allah!” Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapapun. (Yakobus 1:13)

“Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.” (Amsal 3:5-6)

“Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.” (Amsal 17:22)

“Nama TUHAN adalah menara yang kuat, ke sanalah orang benar berlari dan ia menjadi selamat.” (Amsal 18:10)

“Banyaklah rancangan di hati manusia, tetapi keputusan Tuhanlah yang terlaksana.” (Amsal 19:21)

“Siapa memelihara mulut dan lidahnya, memelihara diri dari pada kesukaran.” (Amsal 21:23)

“Carilah kebahagiaanmu pada TUHAN, Ia akan memuaskan keinginan hatimu.” (Mazmur 37:4)

“Jikalau bukan TUHAN yang membangun rumah, sia-sialah usaha orang yang membangunnya; jikalau bukan TUHAN yang mengawal kota, sia-sialah pengawal berjaga-jaga.” (Mazmur 127:1)

Demikian ayat-ayat Alkitab yang dapat menguatkan dan membantu kita untuk mengusir kesedihan, kegalauan, dan kebingungan. Biarlah ayat-ayat ini dekat dengan lidah kita dengan memperkatakan/mendeklarasikan tiap-tiap hari.

Oia, sobat, mana ayat yang kamu pegang dan deklarasikan saat ini?

Silakan bagikan dan beri perhatian dan kekuatan untuk teman kamu yang sedang galau.

credit silluette: elforo.com